Tips Nyaman Berliburan Bersama Si Kecil di Masa Pandemi

COVID-19 membuat orang tua di seluruh dunia bertanya-tanya apakah mereka bisa berliburan bersama si Kecil dan apakah mereka harus menunda waktu liburan sampai penyebaran virus Corona benar-benar dapat dikendalikan. Di satu sisi, staycation bisa menjadi pilihan menarik untuk berlibur selama pandemi. Di sisi lain, bahkan untuk staycation pun, Moms dan keluarga perlu mempersiapkan diri selama perjalanan.

Selama tidak ada perintah lockdown, Moms dan keluarga tetap bisa mempertimbangkan untuk berlibur. Akan tetapi, Moms harus ekstra hati-hati agar keluarga tidak tertular selama berlibur. Dr. dr. Tri Yunis Miko Wahyono, MSc., Ketua Departemen Epidemiologi Universitas Indonesia, menegaskan bahwa semua orang harus menjalankan protokol kesehatan untuk menghindari penularan virus selama berlibur. Pakai masker, cuci tangan dengan sabun, dan jaga jarak adalah 3 prinsip utama menjaga kebersihan diri selama pandemi.

Lebih lanjut, apa saja yang harus diperhatikan agar aman berlibur di era Adaptasi Kebiasaan Baru ini?

1.    Pastikan kondisi tubuh anggota keluarga sehat

Kondisi fisik yang sedang tidak fit akan meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit. Maka, tunda perjalanan keluar rumah apabila Moms mendapati diri Moms, si Kecil, atau anggota keluarga lainnya sedang tidak enak badan.

2.    Menginaplah di hotel yang menerapkan protokol kesehatan

Carilah hotel yang mengimplementasikan protokol kesehatan terbaru. Pastikan kamar hotel dibersihkan dan didesinfektan sehingga higienis.

3.    Carilah tahu informasi mengenai situasi di tempat wisata

Moms harus mengetahui dengan pasti status zonasi tempat wisata yang akan dikunjungi. Akses laman resmi COVID-19 atau hubungi kantor pemerintah setempat untuk mengetahui apakah status zonasi tempat wisata hijau, kuning, oranye, atau merah. Agar aman, pilihlah lokasi tempat wisata yang masih masuk dalam zona hijau.

4.    Pilihlah lokasi liburan di tempat terbuka

Ruang tertutup, apalagi dengan ventilasi udara dan kurang cahaya matahari, dapat meningkatkan kemungkinan virus menyebar dan menempel di permukaan. Maka dari itu, pilihlah lokasi liburan seperti pantai atau pegunungan.

5.    Jaga jarak dan hindari kerumunan

Untuk menghindari potensi penyebaran virus Corona, pilihlah tempat wisata yang tidak terlalu padat.

6.    Bawalah makanan dan minuman sendiri jika memungkinkan

Selama berada di tempat wisata, usahakan untuk membawa bekal dan tidak jajan sembarangan. Ini untuk meminimalkan kontak dengan orang asing.

7.    Gunakan masker untuk melindungi diri dari droplet

Virus Corona dapat menyebar melalui droplet. Pakailah masker dan jagalah jarak saat berbicara dengan orang lain terutama orang asing. Masker bedah dapat melindungi diri dari droplet hingga 90% sementara masker kain hanya sekitar 70%.

Ketika bepergian, Moms tetap membutuhkan stroller sebagai tempat duduk atau tempat tidur sementara si Kecil. Stroller ini harus nyaman dan bisa memberikan perlindungan khusus bagi si Kecil. Sayangnya, banyak merk stroller yang nyaman ini berukuran besar. Stroller berukuran besar repot dibawa ke mana-mana. Apalagi, dibawa bepergian dengan menggunakan mobil pribadi, kereta, atau pesawat.

Perlu stroller ringan namun tetap kokoh dan aman? Babycare Easy Stroller jawabannya.

Mengapa memilih Babycare Easy Stroller?

1.    Easy to fold

Stroller bukanlah barang satu-satunya yang harus Moms bawa ketika bepergian. Seringkali Moms harus membuka stroller sementara Moms juga membawa tas atau bahkan menggendong si Kecil. Babycare Easy Stroller dapat dibuka hanya dengan 1 tangan sehingga praktis. Tidak hanya itu, stroller juga mudah dilipat karena dengan cara menekan 1 tombol saja sudah terlipat otomatis.

2.    Light to carry

Dengan berat hanya 6 kilogram, Babycare Easy Stroller adalah stroller teringan di kelasnya. Bentuknya yang compact juga memudahkan Moms membawa dan menyimpan stroller di bagasi mobil atau di kabin pesawat.

3.    Safe to ride

Babycare Easy Stroller memiliki 5 sabuk pengaman yang dapat dipasangkan kepada si Kecil sehingga dia tetap aman dan nyaman di dalam stroller. Fitur suspension stabilizer meredam getaran ketika stroller harus melalui jalan yang tidak rata. Stroller dapat diposisikan lurus (full recline) sehingga memberikan kenyamanan maksimal untuk si Kecil yang sedang tidur.

4.    Material bebas alergi

Stroller, terutama stroller plastik, sering mengandung material tak aman seperti DIDP dan DEHP yang dapat menimbulkan alergi. Nah, Babycare selalu memakai material yang bebas bahan-bahan berbahaya. Penutup stroller selain untuk menghindari si Kecil dari sinar terik matahari juga efektif mencegah droplet mengenai bagian dalam stroller.

5.    Dapat digunakan untuk jangka panjang

Babycare Easy Stroller cocok digunakan untuk bayi baru lahir hingga usia 3 tahun atau berat badan hingga 15 kilogram. Moms bisa memilih 4 varian warna stroller yaitu hitam, biru, hijau, dan krem. Desainnya yang menarik menjadikan stroller ini selalu mengikuti tren. Tentunya, Moms dan si Kecil jadi lebih trendi ketika jalan-jalan ke tempat wisata, ya.

Sudah siapkah Moms membawa si Kecil liburan selama pandemi? Selalu terapkan physical distancing dan patuhi protokol kesehatan yang berlaku, ya, Moms!

Referensi: Babycare Indonesia, Hai Bunda, UNICEF

 

View Original Article