Moms, Ini Pentingnya Menggunakan Stroller Saat Mengajak Si Kecil Jalan-jalan di luar Rumah

Berada di luar ruangan merupakan pengalaman sensorik yang mengasyikkan bagi bayi dan balita. Si Kecil mempunyai kesempatan memanjakan matanya dengan stimulus visual menarik dan menjelajahi berbagai ruang sembari menyentuh benda-benda alam seperti dedaunan dan genangan air. Sering bermain di luar juga membuat badan si Kecil bergerak aktif sehingga mengasah keterampilan motoriknya serta mendorongnya hidup sehat sejak dini. 

Stroller bayi merupakan salah satu perlengkapan bayi yang harus Moms punyai agar Moms mudah ketika mengajak si Kecil bepergian. Dengan stroller, Moms mudah membawa si Kecil keluar rumah tanpa membuat Moms dan si Kecil lelah. Nah, selain itu, apa manfaat lain dari penggunaan stroller saat mengajak si Kecil jalan-jalan di luar rumah, ya, Moms?

1.    Membantu Moms mengangkut si Kecil saat traveling

Para orang tua yang menjadi responden penelitian berjudul “Parent’s Perception of Stroller Use in Young Children” oleh Catherine S. Birken dkk., melaporkan bahwa mereka menggunakan stroller sebagai alat transportasi, baik untuk memfasilitasi jalan kaki maupun sebagai alat untuk membawa anak mereka ke tujuan atau aktivitas tertentu. Stroller juga digunakan sebagai alternatif untuk naik angkutan umum atau mobil.

2.    Membantu menyimpan barang-barang yang sering dibawa saat bepergian

Tas popok, makanan, pakaian ekstra, barang belanjaan, dan perlengkapan bayi lainnya bisa diletakkan di stroller yang sudah menyediakan ruang penyimpanan. Masih dalam penelitian yang sama, para orang tua mengatakan bahwa kapasitas penyimpanan stroller yang besar merupakan salah satu kriteria mereka dalam memilih stroller.

3.    Memberikan kesempatan bagi si Kecil dan Moms untuk menghabiskan waktu di luar untuk berjalan-jalan santai

Stroller memungkinkan si Kecil mendapatkan udara segar dan menjelajahi lingkungan sekitar. Karena nyaman, si Kecil lebih tenang meski hanya dibawa berjalan-jalan untuk sekadar menikmati udara segar di pagi hari.

4.    Memudahkan Moms untuk mengawasi si Kecil dengan aman

Pada saat tertentu, misalnya ketika Moms harus berbelanja di mall atau ke salon, Moms dapat menempatkan si Kecil di dalam stroller sehingga masih dapat diawasi secara langsung dengan aman.

5.    Mendukung aktivitas fisik orang tua

Orang tua terkadang membawa anak-anak mereka berjalan-jalan, jogging, atau berlari dengan stroller. Dengan ini, Moms dapat sekaligus mencapai 2 tujuan: si Kecil mendapatkan udara segar di luar ruangan sementara Moms dapat berolahraga. Beberapa Moms membiarkan anak mereka tertidur di stroller saat mereka membawa stroller sembari jogging.

6.    Menjadi kursi makan sementara ketika si Kecil lapar

Saat si Kecil ingin makan di luar, Moms bisa mengubah setelan stroller sehingga bisa digunakan sebagai kursi makan. Selalu pasang sabuk pengaman ketika si Kecil berada di stroller sehingga dia bisa duduk dengan nyaman serta posisinya tepat.

7.    Menjadi tempat tidur sementara saat si Kecil mengantuk

Beraktivitas di luar rumah tentu menghabiskan banyak tenaga si Kecil. Tak jarang, setelah aktif bermain-main, si Kecil yang mengantuk akan mulai rewel. Nah, jika si Kecil mengantuk tetapi tidak memungkinkan untuk digendong, Moms bisa memanfaatkan stroller sebagai tempat tidur sementara buatnya. Banyak orang tua mengaku bahwa stroller sebagai tempat tidur sangat kondusif untuk jalan-jalan atau perjalanan sehari yang lebih jauh. Si Kecil pun masih dapat mempertahankan pola tidur normal sepanjang hari.

Setelah mengetahui pentingnya stroller saat membawa si Kecil bepergian, tentu Moms ingin segera memilih stroller yang tepat, kan, Moms? Untuk tetap mendukung gaya hidup Moms yang #AntiRepot, Moms perlu memilih stroller yang easy to fold, light to carry, dan safe to ride. Dengan bobot hanya 6 kg, Babycare Easy Stroller menjadi pilihan yang tepat, ya, Moms! Apalagi, stroller ini bisa dioperasikan hanya dengan menekan satu tombol, bisa dilipat hanya dengan menggunakan satu tangan, serta bisa diubah-ubah posisi tempat duduknya sesuai kebutuhan.

Referensi: NCBI, NCT

 

View Original Article